12.4 Ekspor
12.4
Ekspor
Selain kontribusinya terhadap pertumbuhan kesempatan
kerja dan sebagai salah satu sumber penting pendapatan, UKM di Indonesia juga
sangat diharapkan karena memang mempunyai potensi besar sebagai salah satu
sumber penting perkembangan (diversifikasi) dan pertumbuhan X, khususnya X
manufaktur. Kemampuan UKM Indonesia untuk merealisasikan potensi X-nya
ditentukan oleh suatu kombinasi dari sejumlah faktor-faktor keunggulan relatif
yang dimiliki UKM Indonesia atas pesaing-pesaingnya, baik dari dalam maupun
luar negeri.
Dalam konteks ekonomi/ perdagangan internasional,
pengertian dari keunggulan relatif dapat didekati dengan keunggulan komperatif
. keunggulan komporatif yang dimiliki Uk Indonesia terutama sifatnya yang padat
karya (dan Indonesia memiliki jumlah L yang besar), keterampilan “Tradisional“
yang dimiliki pengusaha kecil (dan pekerja-pekerja) dalam mambuat produk
terutama barang-barang kerajinan (yang merupakan keterampilan masyarakat yang
sudah dimiliki lama dari generasi ke generasi), dan bahan baku yang berlimpah
(khususnya produk berbasis pertanian). Sayangnya Uk di Indonesia relatif masih
lemah terutama dalam SDM di banding manajemen, pemasaran, proses produksi yang
modern atau lebih maju (diluar produksi secara tradisional), inovasi dan
penguasaan teknologi.
Referensi:
Sintia
Kurniawati.2015. Prospek UKM dalam Era Perdagangan Bebas dan Globalisasi Dunia.
http://usernamesintia.blogspot.com/2015/04/prospek-ukm-dalam-era-perdagangan-bebas.html, Diakses tanggal 25 april 2015.
Google.com.2015.
Usaha Kecil dan Menengah. http://id.wikipedia.org/wiki/Usaha_Kecil_dan_Menengah , Diakses tanggal 25 april 2015.
Awang
arrif .2014. Nilai tambah. http://awangsoftskill.blogspot.com/2014/07/softskill.html, Diakses tanggal 25 april 2015.
Sintia
Kurniawati. 2015. NILAI OUTPUT DAN NILAI TAMBAH. http://usernamesintia.blogspot.com/2015/04/nilai-output-dan-nilai-tambah.html, Diakses tanggal 25 april 2015;.
Komentar
Posting Komentar